Friday 8 March 2013

Manfaat Dan Khasiat Buah Manggis Untuk Tubuh Kita

Manfaat Dan Khasiat Buah Manggis Untuk Tubuh Kita
Manggis (Garcinia mangostana L) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah Tropika yang diyakini berasal dari daerah Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.

Selain rasanya yang enak, Buah Manggis juga kaya akan Vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Manggis merupakan salah satu buah favorit Masyarakat Indonesia, bukan hanya penikmat buah saja yang memfavoritkannya, namun dari berbagai kalangan juga ikut-ikutan demam manggis. Di Sumatera Barat (Kabupaten Solok Selatan) buah manggis dibudidayakan dan menjadi komoditas unggulan. Bagaimana tidak, harga jual buah ini tetap stabil karena digemari banyak orang.

Selain Kulitnya yang Bermanfaat, Khasiat Buah Manggis bagi kesehatan lainnya yakni dapat meningkatkan energi kita. Jadi bagi anda yang mudah lelah walaupun hanya melakukan pekerjaan sepele, mungkin buah manggis ini bisa membantu anda untuk meningkatkan energi tubuh. Nah pastinya masih banyak lagi manfaat buah manggis bagi kesehatan kita.

Berikut ini beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

  1. Dapat menyembuhkan dan juga mencegah penyakit kanker.
  2. Dapat mencegah penyakit mematikan seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan lainnya.
  3. Dapat mengurangi tekanan darah tinggi.
  4. Melawan radikal bebas.
  5. Dapat menurunkan kadar kolesterol.
  6. Dapat mengatasi kegemukan atau mengurangi berat badan.
  7. Dapat meningkatkan energi kita.
  8. Dapat mengatasi penyakit batu ginjal.
  9. Memelihara/melancarkan pencernaan karena buah manggis kaya dengan serat.
  10. Mengatasi ganguan pernafasan.
  11. Buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penyakit leukemia.
  12. Mencegah gangguan penglihatan seperti katarak.
  13. Mampu mencegah penyakit jantung.
  14. Membantu menyembuhkan penyakit asma.
  15. Menjaga saluran kencing.
Buah manggis juga bisa dibuat menjadi Jus teman, makannya buah yang satu ini sangat banyak kegunaanya baik bagi kesehatan maupun bagi lidah kita, hehee .
Manfaat Buah Manggis diatas mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Perlu anda ketahui juga, buah manggis ini merupakan satu-satunya buah yang tidak pernah busuk walaupun didiamkan diatas tanah. Bahkan buah manggis malah akan mengering dan menjadi kayu. Hal tersebut dikarenakan buah manggis mempunyai antioksidan yang luar biasa. Jadi bagi anda yang menderita seperti asma, batu ginjal, dan lainnya seperti disebutkan diatas. Ada baiknya anda mencoba mengkonsumsi buah manggis. Karena khasiat buah manggis bagi kesehatan ini sudah dibuktikan banyak orang.

No comments:

Post a Comment